"Apakah Anda berencana untuk berhenti merokok tahun ini? Apakah Anda benar-benar akan berhenti merokok?
Percobaan dilakukan pada 28 perokok berat yang telah bergabung dengan program anti-merokok, menurut studi yang dipublikasikan Senin dalam jurnal peer-review Kesehatan Psikologi.
Peserta diminta untuk menonton serangkaian iklan tentang berhenti merokok saat sebuah mesin magnetic resonance imaging scan otak mereka.
Para peneliti telah menemukan cara untuk memperkirakan seberapa sukses seorang perokok akan berhenti merokok dengan menggunakan MRI scan untuk mencari aktivitas di daerah otak yang berkaitan dengan perubahan perilaku.
Percobaan dilakukan pada 28 perokok berat yang telah bergabung dengan program anti-merokok, menurut studi yang dipublikasikan Senin dalam jurnal peer-review Kesehatan Psikologi.
Peserta diminta untuk menonton serangkaian iklan tentang berhenti merokok saat sebuah mesin magnetic resonance imaging scan otak mereka.
Setelah setiap iklan, subyek dalam studi "diperingkat bagaimana itu mempengaruhi niat mereka untuk berhenti, apakah itu meningkatkan keyakinan mereka untuk berhenti, dan berapa banyak mereka yang berkaitan dengan pesan," jelas peneliti.
Mereka yang menunjukkan aktivitas dalam korteks prefrontal medial selama iklan yang "signifikan terkait dengan pengurangan dalam perilaku merokok" pada bulan berikutnya, terlepas dari bagaimana orang-orang mengatakan mereka terpengaruh oleh iklan.
Mereka yang menunjukkan aktivitas dalam korteks prefrontal medial selama iklan yang "signifikan terkait dengan pengurangan dalam perilaku merokok" pada bulan berikutnya, terlepas dari bagaimana orang-orang mengatakan mereka terpengaruh oleh iklan.
"Yang menarik adalah bahwa dengan mengetahui apa yang sedang terjadi di otak seseorang selama iklan, kita bisa melakukan dua kali dengan memprediksi perilaku masa depan mereka, dibandingkan dengan jika kita hanya tahu perkiraan mereka sendiri melaporkan seberapa sukses mereka akan atau mereka niat untuk berhenti, "kata pemimpin penulis Emily Falk.
"Tampaknya aktivitas otak kami dapat memberikan informasi yang tidak introspeksi," tambah Falk, Direktur Komunikasi Laboratorium Neuroscience di University of Michigan.
"Tampaknya aktivitas otak kami dapat memberikan informasi yang tidak introspeksi," tambah Falk, Direktur Komunikasi Laboratorium Neuroscience di University of Michigan.
Dia mengatakan penelitian selanjutnya akan mencoba untuk menentukan jenis pesan yang paling efektif dengan cara mencocokkan aktivitas otak dengan iklan.
Studi ini didanai oleh Institut Kesehatan Nasional dan National Science Foundation, dan berlangsung di University of California, Los Angeles.
Studi ini didanai oleh Institut Kesehatan Nasional dan National Science Foundation, dan berlangsung di University of California, Los Angeles.
(AFP, news.discovery.com)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar